selera nusantara.blogspot.com By Riffa

Sunday, March 24, 2019

AYAM PRESTO TULANG LUNAK


Note :
Saya pakai ayam negeri jadi saya tidak tau kalau pakai ayam kampung berapa lama matangnya, cek sendiri saja tiap 1 jam buka panci presto lalu tambah air dan waktu prestonya. .
.
Bahan :
2 kg ayam (saya tidak tau berapa ekor dan tidak hitung perkiraannya karena stok di kulkas sudah bentuk potongan2 ayam, saya hanya timbang saja)
3 liter air
Secukupnya garam
Secukupnya kaldu bubuk
.
Bumbu halus :
3 sdt jinten bubuk
2 sdt kunyit bubuk
3 sdt ketumbar bubuk
5,5 buah pekak/bunga lawang
16 butir kapulaga
7 butir kemiri
20 siung bawang merah
18 siung bawang putih
.
Bumbu daun :
7 lembar daun salam
3 batang serai *geprek
15 cm lengkuas *geprek
10 cm jahe *geprek
14 lembar daun jeruk
.
Langkah :
1. Pada panci presto terbuka, didihkan air. Masukan ayam, bumbu halus, dan bumbu daun. Beri garam dan kaldu bubuk. Masak sampai ayam matang tidak berdarah lagi. Koreksi rasa airnya.
2. Tutup panci presto, masak selama 1 jam dengan api sedang. Matikan api, keluarkan uap panci lalu buka pancinya. Cek airnya apakah habis? Jangan diaduk nanti rusak ayamnya. Perkirakan apakah airnya cukup untuk presto 1 jam lagi? Saya tidak tambah air karena saya rasa sisa air yg ada masih banyak dan cukup. Koreksi rasanya. Bila dirasa airnya kurang, silakan tambah lagi.
3. Tutup panci presto lalu masak lagi dengan api sedang selama 1 jam. Matikan api, keluarkan uap pada panci, buka panci presto. Diamkan semalaman di suhu ruang agar kuah bumbu benar2 meresap.
4. Tiriskan ayam perlahan sebagai stok, masukan freezer, goreng sesuai selera kematangan bila ingin langsung disantap. Sajikan.

resep by. @andinskitchen
trimakasih


EmoticonEmoticon