selera nusantara.blogspot.com By Riffa

Sunday, April 14, 2019

OSENG DAUN PEPAYA



Oseng daun pepaya
.

Bahan : . .
- 10 lembar daun pepaya yang muda atau sedang jangan yang terlalu tua, supaya tidak pahit , setelah dicuci direbus di air mendidih diberi 1/2 genggam tanah liat ampul ( biasanya ada di daerah Jawa ) diberi tambahan garam 3 sendok teh dan baking powder 2 sendok teh, diberi tambahan garam dan baking powder fungsinya tuk pengempuk daun supaya tidak alot dan warna tetep seger hijau, rebus kira kira kurang lebih 10 menit...bila udah mateng langsung angkat langsung diguyur air dingin dari keran supaya warna tetep hijau jangan biarkan direndam dalam air bekas rebusan karena warnanya akan kecoklatan tidak hijau, cuci bersih sampe berulang ulang peras lalu sisihkan di wadah . .
- 1 genggam teri kering biasa ukuran teri sesuai selera. .
- 1/2 jempol laos digeprek.
- 3 lembar daun salam kering.
- 1 sdm saos saori bungkus merah.
- 1/2 sdt kaldu bubuk.
- garem secukupnya.
- 1/2 sdt gula pasir.
- 1 atau 2 gelas belimbing air. .
.
Bumbu iris : . .
- 3 biji lombok merah besar.
- 3 biji lombok hijau besar.
- lombok kecil sesuai selera.
- 1 biji bawang bombay ukuran sedang.
- 7 siung bawang putih.
- 4 siung bawang merah.

Cara buat : . .
- Tumis bawang bombay, bawang merah, bawang putih, kalau udah agak layu masukkan lombok kecil laos geprek dan daun salam kering....masukkan teri kering, kalau udah layu beri air supaya tumisan tidak kering agak nyemek nyemek, beri garem, gula, kaldu bubuk, saos saori, masukkan lombok merah hijau besar aduk aduk, paskan rasanya....masukkan daun pepaya angkat dahulu wajannya dari kompor, aduk aduk sampai rata, kalau semua bumbu udah merata dan rasanya udah pas masak lagi dikompor aduk aduk sampai agak sat sedikit airnya lalu angkat . .
.
- jika nggak ada tanah liat ampul bisa pakai baking powder / soda kue dan garem, rasa pahit lumayan sedikit berkurang, tapi kalau pakai tanah liat ampul rasa pahitnya benar benar ilang.

resep by. @lilik_indrayani
trimakasih


EmoticonEmoticon