selera nusantara.blogspot.com By Riffa

Sunday, May 12, 2019

SAMBEL TUMPENG





Sambel Tumpeng

Bahan : .
- 2 papan Tempe bosok / berat 400 gram, tempe udah 5 atau 7 hari di suhu ruang yaa bukan tempe yang busuk di chiller kulkas, karena aroma tempe bosok di kulkas dengan di suhu ruang aromanya beda, lebih sedep busuk di suhu ruang
- 2 gelas santan kental
- 4 lembar daun salam kering
- 6 lembar daun jeruk
jempol laos geprek
- tahu secukupnya rendam dahulu sampai rasa asem cukanya bener bener hilang, 1 tahu potong jadi empat. Dimasukkan ke kuah mentahan / goreng dahulu setengah mateng
- cabe kecil utuhan . .
- kaldu bubuk dan garam secukupnya
- sedikit aja gula pasir .
.
.
Bumbu : . .
- 5 siung besar bawang putih
- 10 siung besar bawang merah
- cabe kecil secukupnya sesuai selera, untuk diulek dan utuhan
- 1/2 jempol  kencur
.
.

Cara buat : .
- cuci dahulu tempe bosok, kemudian rebus di air mendidih kurang lebih 15 menit, kemudian angkat buang air rebusan tempe yang pertama dan rebus kembali tempe dengan air kurang lebih 1 liter air bersama dengan bumbu seperti cabe kecil, bawang putih, bawang merah, kencur, laos geprek, daun salam kering, daun jeruk segar, ketika semua bumbu masuk aroma rebusan tempenya jadi wangi banget . .
- rebus tempe dengan bumbu bumbu selama 30 menit lebih, setelah matang angkat tempe dan bumbu yang akan diulek kecuali laos, daun salam dan daun jeruk. Air rebusan tempe jangan di buang, di pake tuk kuah . .
.
- ulek  tempe dan bumbu, setelah diulek masukkan ke air rebusan tempe sebanyak 1 liter...beri kaldu bubuk, garam dan sedikit aja gula pasir, beri lagi cabe kecil utuhan jika mau lebih banyak lagi cabe utuhannya, masukkan santan kental, paskan rasanya...aduk aduk dan terakhir masukkan tahu mentah, masak lagi sampai beberapa menit sampai tahu mateng kemudian angkat . . .
- sajikan sambel tumpang dengan rebusan daun kenikir, daun singkong, cambah panjang atau sayuran sesuai selera aja

resep by. @lilik_indrayani_81
trimakasih


EmoticonEmoticon