selera nusantara.blogspot.com By Riffa

Thursday, June 25, 2020

NASI BAKAR KOMPLIT KHAS SUNDA






---
𝗡𝗮𝘀𝗶 𝗕𝗮𝗸𝗮𝗿 𝗞𝗼𝗺𝗽𝗹𝗶𝘁
Khas Sunda
.
Nasi Bakar sangat populer sejak tahun 2000 an di daerah Jawa Barat, khususnya di Bandung (domisiliku). Seperti halnya Sego Kucing di Jawa Tengah atau Jawa Timur, adalah nasi yang bungkus daun pisang dan diisi lauk.
Kalau Nasi Bakar adalah nasi yang diisi lauk pauk kemudian dibakar. Nasinya bisa nasi putih atau nasi yang telah dibumbui seperti nasi uduk atau nasi liwet  dan isiannya lauk pauk yang beragam. Ada teri petai, ayam/ daging suwir, tempe/ tahu pedas dan lain-lain. Nasi Bakar lebih kekinian, banyak dimodifikasi oleh pelaku bisnis kuliner.
Nasi Bakar biasanya dilengkapi Sambal dan Lalapan. Tanpa diberi tambahan lauk pauk yang lain pun sudah terasa nikmat. Tetapi pada umumnya, seperti sajian khas Sundq lainnya ada tambahan lauk pauk berupa Ayam Goreng, Empal  Goreng, Ikan Goreng, Ikan Asin Goreng, Tahu Tempe Goreng dan lainnya.
Penasaran bagi yang belum mencicipi, ayo wisata kuliner di Bandung, pasti bakal menemuinya dengan berbagai menu dan cita rasa.
Atau bisa membuat, seperti halnya aku meracik Nasi Bakar dengan isian Sambal Teri Petai yang dicampur daun kemangi juga dilengkapi dengan Ayam Goreng, Tahu Tempe Goreng, Sayur Asam, Sambal dan Lalapan......hhhhmmm nikmaaat.😊😍
.
.


resep by. @hanifah_nrm
terimakasih


EmoticonEmoticon